Info Sekolah
Minggu, 25 Feb 2024
  • Selamat datang di Website Resmi SMP Negeri 3 Bangli. (SEMIBA) berkarya, berkolaborasi, dan berprestasi.

Peringatan Bulan Bahasa Bali ke-V: Lestarikan Bahasa, Sastra, dan Aksara Bali.

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Berita Sekolah

Peringatan Bulan Bahasa Bali merupakan program Pemerintah Provinsi Bali yang bertujuan untuk memberikan ruang untuk pelestarian dan menumbuh kembangkan aksara, sastra, dan Bahasa Bali di tengah masyarakat. Pada tahun 2023 ini, Peringatan Bulan Bahasa Bali diselenggarakan dengan tema “Segara Kerthi: Campuhan Sarwa Prani”.

Pembukaan Bulan Bahasa Bali Tahun 2023

Peringatan Bulan Bahasa Bali Tahun 2023 di SMP Negeri 3 Bangli selain untuk mendukung Program Kerja Pemerintah Provinsi Bali, juga dilaksanakan sebagai upaya melestarikan budaya Bali, khususnya aksara, sastra, dan bahasa bali di kalangan peserta didik, agar Bahasa Bali tetap menjadi identitas dan budaya yang ajeg ditengah perkembangan teknologi dan globalisasi saat ini.

Rangkaian kegiatan kegiatan dalam rangka memperingati Bulan Bahasa Bali di SMP Negeri 3 Bangli dibuka pada Senin, 6 Pebruari 2023. Adapun lomba yang akan diselenggarakan selama satu bulan diantaranya (1) Baca Puisi Bahasa Bali, (2) Mesatua Bali, (3) Menyanyi Lagu Bali, (4) Nyurat Aksara Bali, (5) Nyurat Lontar, (6) TikTok Mebasa Bali, (7) Bebanyolan, (8) Baligrafi, dan (9) Mekidung.

Lomba Nyurat Lontar
Lomba Mekidung
Lomba Baligrafi
Lomba Mesatua Bali
Lomba Bebanyolan

Kegiatan dalam rangka memperingati Bulan Bahasa Bali di SMP Negeri 3 Bangli diselenggarakan selama satu bulan dan ditutup pada Senin, 27 Pebruari 2023. Pada acara penutupan turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangli, Pengawas Kemenag Kabupaten Bangli, dan Pengurus Komite SMP Negeri 3 Bangli.

Pemukulan Kul-kul Sebagai Simbolis Penutupan Kegiatan Bulan Bahasa Bali

Acara penutupan Bulan Bahasa Bali Tahun 2023 dimeriahkan dengan penampilan siswa yang memperoleh juara dalam lomba-lomba yang telah dilaksanakan. Pada kesempatan ini juga diserahkan penghargaan kepada siswa juara lomba Bulan Bahasa Bali Tahun 2023.

Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Juara Lomba

Bahasa Bali merupakan identitas sekaligus budaya yang perlu dilestarikan oleh seluruh pihak. Keterampilan berbahasa Bali yang baik akan menjadi kompetensi dan tentu saja merupakan suatu kebanggaan bagi generasi muda.

SEMIBA, berkarya, berkolaborasi, dan berprestasi.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

error: Content is protected !!