SEKILAS INFO
: - Wednesday, 11-12-2019
  • 1 bulan yang lalu / Ikatan Alumni SMP Negeri 3 Bangli (IKAS SEMIBA) akan menyelenggarakan Temu Wirasa Agung (TWA) untuk semua angkatan mulai Tahun 1975 sampai dengan Tahun 2018, tanggal 14 Desember 2019. Silahkan mendaftar di koordinator kegiatan terdekat.
  • 1 tahun yang lalu / Mulai Senin (06/08/2018) SMP Negeri 3 Bangli (SEMIBA) mulai melaksanakan Lima Hari Sekolah atau yang lebih dikenal dengan istilah Full Day School. Semoga mampu meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak kita.
  • 1 tahun yang lalu / SMP Negeri 3 Bangli mengadakan Rapat dengan Pengurus Komite, Orang Tua Siswa kela VII dan Tokoh – tokoh Masyarakat Desa Bunutin, Tamanbali dan Bebalang terkait Pelaksanaan Full Day School

Kreativitas, Ekspresi, dan Kompetisi Para Generasi Z Semiba pada Bulan Bahasa 2019

Ada sesuatu yang berbeda pada Bulan Oktober di Semiba. Tidak seperti bulan-bulan biasanya, guru dan siswa nampak lebih sibuk daripada biasanya. Bulan Oktober merupakan bulan yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Bulan Oktober juga disebut dengan Bulan Bahasa.

Tahukah Kamu, mengapa bulan Oktober dijadikan bulan bahasa? Penunjukkan bulan Oktober sebagai bulan bahasa tidak terlepas dari sejarah bangsa Indonesia. Pada bulan Oktober, para pemuda dari segala penjuru tanah air telah mengikrarkan sebuah sumpah yang dikenal dengan Sumpah Pemuda. Sebuah sumpah yang menjadi perekat kebangsaan para pemuda dari Sabang sampai Merauke. Dari Talaud sampai Pulau Rote.

Peristiwa ini menjadi sebuah pondasi yang kokoh bagi semangat kebangsasan kita. Dengan lahirnya Sumpah Pemuda semua menjadi suatu keluarga dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bertanah Air Satu, Berbangsa yang satu, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia merupakan inti dari Sumpah yang diikrarkan tepatnya pada tanggal 28 0ktober 1928. Pada sumpah yang ketiga inilah menjadi cikal-bakal lahirnya Bulan Bahasa.

Untuk memeriahkan Bulan Bahasa tahun 2019 ini, SMP Negeri 3 Bangli mengadakan berbagai perlombaan-perlombaan. Tidak hanya satu, perlombaan yang diadakan sampai mencapai sepuluh lomba. Lomba-lomba tersebut antara lain Baca Puisi, Satua Bali, Reportase, Lomba Yel, Hymne Semiba, Esai, Poster, LCC, Pidato, dan Story Telling.

Sebelum perlombaan tersebut dimulai, acara terlebih dahulu dibuka dengan upacara pembukaan yang berlangsung pada hari Senin, 14 Oktober 2019. Acara pembukaan dimeriahkan dengan pelepasan balom ke udara oleh Plt. SMP Negeri 3 Bangli, Ni Made Suryadini, S.Pd.,M.Pd., didampingi oleh para wakil kepala sekolah, kepala laboratorium, dan kepala perpustakaan.

Lomba Baca Puisi

Lomba pertama yang menjadi pembuka pada Bulan Bahasa tahun ini adalah Lomb Baca Puisi. Lomba ini diikuti oleh semua kelas. Pemilihan juara dilaksanakan per tingkat. Juara I Baca Puisi kelas IX diperoleh Pande Putu Udi Cahyani dari kelas IX B. Juara I Baca Puisi kelas VIII diperoleh Sang Ayu Made Mira Sedani A. dari kelas VIII E, sedangkan Juara I Lomba Baca Puisi kelas VII diperoleh kelas VII H atas nama Ni Komang Tita Anggreni.

Lomba Satua Bali

Lomba Satua Bali dihadirkan untuk memperkuat identitas siswa sebagai nak Bali. Selain itu lomba ini bertujuan juga untuk melestarikan satua-satua bali yang ada di masyarakat. Juara I Lomba Satua Bali kelas IX dimenangi oleh S.A. Kompiang Merliana Putri. Juara I Lomba Satua Bali kelas IX H dimenangkan oleh Ni Putu Eka Purnama Wati, sedangkan  Juara I Lomba Satua Bali kelas VII dimenangkal oleh Putu Hari Padma Wulandari.

Lomba Reportase

Lomba Reportase merupakan lomba yang baru pertama kali dilaksanakan di Semiba.  Lomba ini melatih siswa untu menjadi seorang reporter dan mencari berita secara langsung ke lapangan. Lomba ini dilaksankan ber tim. Juara I Lomba Reportase kelas IX dimenangi oleh kelas IX H. Juara I Lomba Reportase kelas VIII dimenangi oleh kelas VIII A, sedangkan Lomba Reportase kelas VII dimenangi oleh kelas VII A.

Lomba Yel

Lomba Yel merupakan lomba yang sangat ditunggu-tunggu warga Semiba. Lomba yang memadukan gerakan, nyanyian, dan tarian ini memiliki prestise sendiri karena hamper melibatkan seluruh siswa dalam satu kelas. Juara I Lomba Yel antarkelas IX dimenangi kelas IX G, Juara I antarkelas VIII dimenangi oleh kelas VIII E, sedangkan kelas VII dimenangi oleh kelas VII F.

Hymne Semiba

Lomba yang tidak kalah menariknya adalah Lomba Hymne Semiba. Lomba Hymne Semiba beranggotakan 25 orang. Juara I Lomba Hymne Semiba antarkelas IX dimenangi oleh kelas  IX C, Juara I Lomba Hymne Semiba antarkelas VIII dimenangi oleh kelas VIII D, sedangkan Juara I antarkelas VII dimenangi oleh kelas VII A.

Lomba Esai

 

Untuk mengasah kemampuan siswa dalam berpikir ilmiah diadakan Lomba Esai. Lomba ini dipresentasikan pada Kamis, 24 Oktober 2019. Dari hasil presentasi tersebut, dewan juri memilih kelas IX A yang diwakilkan Kadek Ana sebagai juara 1 antarkelas IX, Ni Made Nanjita Adelyasari kelas VIII C sebagai juara antarkelas VIII, dan S.A. Putu Gita Kharisma P. sebagai juara 1 antarkelas VII dari kelas VII A.

Lomba Poster

Lomba poster merupakan lomba yang dapat menumbuhkan kreativitas siswa dalam bidang seni dan komunikasi. Poster yang baik harus mengandung komposisi, kreativitas, dan ekspresi yang baik. Dalam Lomba yang dilangsungkan pada hari Rabu, 16 Oktober 2019 ini mengasilkan pemenang dari kelas VII sampai dengan kelas IX. Juara I Lomba Poster antarkelas IX dimenangi oleh I Gusti Ngurah Yogi Swara dari kelas IX I, Juara 1 kelas VIII dimenangi oleh Ida I Dewa Gde Sastra Wardana, sedangkan juara 1 kelas VII dimenangi oleh I Gusti Lanang Rai Widiatmika.

 

Lomba Cerdas Cermat

Untuk mengasah kecerdasan dan kecepatan siswa, diadakanlah Lomba LCC. Lomba ini diselenggarakan pada tanggal 21 sampai dengan 23 Oktober 2019. Untuk juara 1 lomba ini dimenangi oleh kelas IX E, VIII G, dan VII B.

Lomba Pidato

Lomba Pidato adalah lomba yang bertujuan untuk mengasah kemampuan peserta didik dalam mengemukakan gagasan dan melatih kemmapuan berbicara di depan khalayak. Pidato ini dilaksanakan pada Selasa, 15 Oktober 2019. Juara 1 lomba ini dimenangi oleh Ni Kadek Winda Utari dari kelas IX A, pidato antarkelas VIII dimenangi oleh Nela Juliyanti dari kelas VIII A, sedanglan Lomba Pidato antarkelas VII dimenangi oleh Ni Komang Widia Adnyani.

Story Telling

Lomba yang terakhir adalah Lomba Story Telling. Lomba ini bertujuan agar siswa Semiba tidak hanya mampu menggunakan  bahasa daerah dan Indonesia saja. Siswa Semiba diharapkan mampu juga menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Juara 1 Lomba Story Telling antarkelas IX dimenangi oleh Ni Wayan Gita Nanda dari kelas IX G, juara 1 Lomba Story Telling antarkelas VIII dimenangi Nabila Alfath Fitri Achmad, sedangkan juara 1 Lomba Story Telling antarkelas VII dimenangi oleh Ni Ketut Meyla Candra Dewi VII A.

Perlombaan-perlombaan yang diadakan pada Bulan Bahasa tersebut tidak hanya sekadar memeriahkan perayaan Bulan Bahasa saja, tetapi juga menumbuhkan kreativitas, ekspresi, daya kompetisi siswa Semiba yang merupakan para generasi Z penerus masa depan bangsa.

TINGGALKAN KOMENTAR

error: Content is protected !!